Obat Panas Untuk Bayi Yang Alami Dan Tradisional

Advertisement
Panas atau suhu tubuh tinggi merupakan penyakit yang lumrah dan sering terjadi pada bayi dan anak balita kita,sebagai orang tua tentunya akan merasa khawatir dan cemas karena bayi yang lagi panas tinggi akan mengalami apa yang namanya rewel dan akan terus menangis karena mungkin tak kuat dengan kondisi badannya itu,satu hal yang penting bagi orang tua adalah jangan panik saat menghadapi kejadian seperti itu walau rasa panik itu merupakan hal yang wajar dan biasa sebab kita sangat sayang pada bayi dan anak kita.

Ada beberapa cara pengobatan tradisional yang wajib kita lakukan sebagai orang tua yakni dengan cara pengompresan yang sudah sangat familiar sejak jaman dahulu,lakukan pengompresan dengan air dingin dalam hal ini air yang normal bukan air es,karena air es dapat menimbulkan efek yang bahaya pada bayi kita,namun jika cara di atas tidak mampu menurunkan suhu tubuhb pada bayi dan anak  balita,ada cara pengobatan alami dan tradisional yang bisa kita lakukan sebelum memeriksa ke bidan atau ke dokter.


Berikut ini Obat Penurun Panas Pada Bayi Dan Anak Balita Tradisional Serta Alami yang bisa menjadi penanganan pertama untuk anak balita yang mengalami demam atau panas tinggi:

Bawang merah
Dari jaman dahulu, bawang merah sering dimanfaatkan untuk menurunkan panas pada bayi. Kandungan yang ada didalam bawang merah sangat baik untuk kesehatan si kecil. Diantaranya yaitu minyak atsiri, sikloaliin metilaliin, kuersetin dan juga floroglusin. Semua kandungan didalam bawang merah ini bermanfaat untuk menurunkan panas.Caranya cukup mudah yaitu dapat diparut ataupun diiris tipis beberapa buah bawang merah, tambahkan juga sedikit minyak kelapa. Balurkan ramuan ini pada tubuh bayi Anda dan tunggu hasil yang diberikan.

Kunyit
Selain bawang merah, kunyit juga bermanfaat untuk menurunkan panas si kecil. Kunyit juga memiliki kandungan minyak atsiri, selain itu kandungan kunyit yaitu turmeron, curcumin dan juga zingiberen juga terdapat didalamnya. Kandungan yang ada didalam kunyit berfungsi sebagai anti inflamasi, antioksidan dan juga antibakteri sebagai penurun panas si kecil.Caranya yaitu parut kunyit yang berukuran sekitar 1 ruas jari, campur dengan air panas setengah gelas. Setelah dingin, peras ramuan tersebut dan ambil sarinya saja untuk diberikan ke buah hati Anda. Obat tradisional penurun panas pada balita ini akan semakin ampuh jika ditambah dengan perasan jeruk nipis dan juga madu.

- Air kelapa muda 
Didalam air kelapa muda ini banyak mengandung sejenis mineral, diantranya adalah kalium. Nah ketika terjadi panas,pada tubuh akan banyak mengeluarkan keringat, untuk menurunkan kondisi suhu tubuh ketika panas dan untuk menggantikan keringat yang banyak keluar,sebaiknya perbanyaklah minum air kelapa (kelapa muda).Dari beberapa bahan diatas jelas efektif dan telah banyak dipergunakan oleh orang-orang jaman dahulu ketika keluarga mereka mengalami demam panas baik pada anak-anak maupun bagi mereka yang telah dewasa.

Temulawak 
Temulawak memiliki kandungan seperti zat aktif germacrene, alpha betha curcumena dan xanthorrhizol. Kandungan yang ada dalam temulawak ini berfungsi sebagai antibiotik dan juga anti inflamsi. Cara membuat obat tradisional penurun demam si kecil yaitu parut sekitar 1 ruas jari temulawak, campur dengan setengah gelas air. Aduk dan kemudian saring dan peras airnya, gunakan sarinya dan tambahkan juga madu untuk diberikan ke buah hati Anda.

- Sambiloto 
Sambiloto seperti yang kita tahu memiliki kandungan andrografolid lactones (zat pahit),glucosides,diterpene,dan flavonoid yang bisa difungsikan untuk menurunkan panas baik dewasa dan anak-anak.Caranya cukup sederhana: Rebus sebanyak 10 gram daun sambiloto kering, 25 gram umbi kunyit kering ( 2,5 ibu jari ), dan 200 cc air. Rebuslah ramuan tadi samapi mendidih dan airnya tinggal 100 cc,kemudian saring. Setelah dalam kondisi hangat hangat, tambahkan 100 cc madu bunga kapuk atau mahoni, aduk sampai rata. Bagi menjadi 3 bagian, berikan 3 kali sehari.

Demikian ulasdan tentang Obat Penurun Panas Alami Dan Tradisional Untuk Bayi Dan Balita,semoga bermanfaat