Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

Advertisement
Air kelapa merupakan minuman isotonik yang sangat kaya akan nutrisi alami. Ia memiliki kandungan elektrolit, klorida, kalium, natrium, protein, dan magnesium yang sangat tinggi. Umumnya air kelapa sering di konsumsi karena rasanya sangat enak dan segar ketika diminum yang dapat menghilangkan rasa haus dan dahaga. Akan tetapi tahukah anda bila air kelapa muda adalah air murni yang didalamnya mengandung banyak sekali nutrisi. Meminum air kelapa muda dapat memberikan kita banyak sekali manfaat misalnya untuk kesehatan tubuh, kesehatan kulit serta baik untuk kesehatan ibu hamil pada masa kehamila. Dan kali ini saya akan share mengenai Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil.

Kita mungkin pernah mendengar anjuran orang tua jaman dahulu yang sering mereka ucapkan pada wanita yang sedang hamil untuk mengkonsumsi air kelapa,karena banyak manfaatnya,namun tak sedikit yang menganggap hal itu adalah mitos,mungkin anggapan itu sekarang wajib dihilangkan karena sudah banyak penelitian Manfaat Air Kelapa Untuk Wanita Hamil banyak sekali berikut simak saja ulasan dibawah ini

Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil

Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

1.Melawan Bakteri.
Air kelapa sangat baik bagi wanita hamil karena dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh ibu dan bayi terhadap bakteri.

2.Kaya akan Nutrisi. 
Pada masa perkembangannya janin sangat memerlukan vitamin, mineral, nutrisi dan anti oksidan. Air kelapa muda adalah salah satu sumber terbaik untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

3.Melawan Morning sickness
Morning sickness merupakan gangguan semasa kehamilan yang ditandai dengan mual maupun muntah. Biasanya gejala ini akan hilang saat usia kandungan mencapai 3 bulan. Kandungan elektrolit dalam manfaat air kelapa hijau untuk ibu hamil dapat membantu menggantikan elektrolit yang hilang dari tubuh akibat terjadinya muntah.

4.Mencegah dehidrasi
Wanita yang sedang hamil memiliki resiko yang besar terhadap terjadinya dehidrasi. Hal ini bisa disebabkan beberapa hal, misalnya saja karena sering muntah sehingga cairan dalam tubuh banyak yang keluar. Hal ini bisa mengakibatkan tubuh menjadi mudah lelah dan lemah. Kandungan elektrolit dalam manfaat air kelapa hijau untuk ibu hamil dapat membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang, terutama semasa kehamilan. 

5.Menjernihkan air ketuban
Kandungan elektrolit dan antioksidan dalam air kelapa hijau dapat membersihkan dan menjernihkan air ketuban. Kedua zat tersebut mampu menyerap lendir serta kotoran yang terdapat dalam air ketuban. Hal ini menunjukkan bahwa mitos yang selama ini beredar dalam masyarakat yang mengatakan bahwa air kelapa dapat membuat kulit bayi menjadi putih, adalah salah. Yang benar adalah  air kelapa membuat air ketuban menjadi bersih.

6.Menjaga tekanan darah
Kandungan elektrolit seperti  klorida, magnesium, natrium, dan riboflavin yang terdapat dalam air kelapa hijau mampu menjaga tekanan darah agar tetap normal. Serta berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung.
7.Sistem metabolisme tubuh selama kehamilan
Masa-masa kehamilan merupakan masa yang rentan bagi para wanita, dimana ia bisa mengalami berbagai gangguan sistem metabolisme. Hal ini nantinya dapat berdampak buruk pada perkembangan janin di dalam rahim, seperti bayi terlahir dengan bobot yang rendah, serta gangguan sistem metabolisme si bayi di masa mendatang.

Dalam manfaat air kelapa hijau untuk ibu hamil banyak mengandung protein, serat, mangan, serta kandungan vitamin C yang diketahui sangat berperan untuk meningkatkan sistem metabolisme para wanita dalam masa kehamilannya.


8.Menghilangkan racun dan mencegah infeksi saluran kemih
Infeksi saluran kemih (ISK) merupakan gangguan kehamilan yang terjadi saat hamil. Hal ini bisa karena urin pada saluran kencing yang disebabkan oleh perubahan mekanis dan hormonal yang terjadi pada kehamilan. Selain itu, peningkatan hormon progesterone yang terjadi pada masa kehamilan dapat menambah besar dan berat rahim yang dapat mengakibatkan pengenduran otot-otot saluran kencing. Akibat dari gangguan ISK ini bisa membuat bayi meninggal dalam rahim. Kandungan berbagai macam nutrisi dalam air kelapa hijau yang masih muda dapat berfungsi sebagai diuretik alami serta dapat  mengeluarkan zat-zat racun yang ada dalam tubuh melalui urin.

9.Mengatasi gangguan pencernaan
Perubahan hormonal yang terjadi semasa kehamilan dapat menekan perut ibu hamil. Hal ini akan mengakibatkan adanya gangguan pencernaan atau yang disebut sebagai dispepsia. Biasanya gejala dari gangguan ini meliputi timbulnya rasa nyeri pada perut bagian atas, sehingga menimbulkan beberapa keluhan seperti mual, muntah, perut kembung serta perasaan kenyang.

Anda dapat meringankan rasa tidak nyaman ini atas gangguan pencernaan tersebut dengan mengkonsumsi air kelapa hijau yang masih muda. Hal itu disebabkan karena kandungan potasium, klorida, magnesium, dan elektrolit dalam buah ini yang cukup tinggi yang dapat meningkatkan fungsi usus, sehingga dapat membantu meringankan beberapa keluhan seperti konstipasi, mulas, maupun gangguan pencernaan lainnya semasa kehamilan.

10.Mengatasi fluktuasi BP
Menurut seorang ahil diet, olahraga dan gizi ibu hamil yang berasal dari mumbai India bernama Agarwal Deepshikha, menyatakan bahwa, “Air kelapa sarat akan mineral mikro yang dapat membantu untuk mengatasi fluktuasi BP, terutama pada trimester terakhir. Mengkonsumsi segelas air kelapa secara rutin 1 kali sehari dapat membantu mengatur BP.”
11.Kolesterol baik (HDL) dalam tubuh
Sebuah riset menunjukkan bahwa manfaat air kelapa hijau untuk ibu hamil dapat membantu meningkatkan kolestrol baik (HDL) dalam  tubuh, karena kandungan air tesebut tidak ada unsur  lemak dan kolesterol. Jadi, bagi ibu-ibu yang sedang dalam masa kehamilan tak perlu khawatir mengkonsumsinya, karena hal tersebut justru akan menambah kesegaran tubuh serta tubuh terlihat lebih berisi.
12.Mencegah kram
Semakin bertambahnya usia kehamilan, maka hal tersebut dapat meningkatkan resiko terjadinya kram pada kaki bagi beberapa wanita. Kandungan beberapa senyawa kimia dalam air kelapa hijau seperti kalium, dapat dijadikan alternative utama untuk menyembuhkan gangguan tersebut.  Segelas air kelapa hijau  atau setara denagan 330 ml, dapat menyajikan hingga 670 mg kalium. Itu berarti sekitar 14% kebutuhan pasokan kalium semasa kehamilan bisa dipenuhi oleh air kelapa hijau. Selai itu, manfaat anggur bagi ibu hamil juga meredakan pembengkakan.

Selain itu air kelapa memiliki kandungan suplemen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh termasuk ibu hamil. Lalu apa sajakah kandungan yang terkandung dalam air kelapa? Berikut adalah beberapa kandungan nutrisi yang terdapat dalam air kelapa :

   * Potassium, potassium ini dapat membantu anda untuk menurunkan tekanan darah pada arteri.
   * Glukosa yang sangat di butuhkan oleh tubuh sebagai energi
   * Vitamin C untuk melindungi tubuh dari beberapa penyakit.
   * Vitamin B untuk membantu dalam pergantian jaringan-jaringan tubuh.

Demikian Manfaat Air Kelapa Untuk Wanita Hamil yang dapat kami berikan semoga ada manfaatnya khususnya bagi anda para ibu hamil