Tips Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Advertisement
Cegukan pada bayi mungkin merupakan masalah yang sering dialami oleh bayi terutama pada bayi yang berumur dibawah satu tahun,hal itu sering sekali membuat kita sebagai orang tua panik,wajar kalau saja kita sebagai orang tua panik karena cegukan jika kita lihat akan menghawatirkan pada kondisi bayi tersebut,namun cegukan bukan indikasi dari penyakit yang serius ,biasanya cegukan terjadi saat bayi di susui,sedang menangis dan dalam kondisi marah.

Cegukan memang merupakan kondisi yang kurang menyenangkan untuk bayi ataupun kita sebagai orang tua,nah apabila cegukan pada bayi kita dibiarkan  saja hal itu mungkin akan menyebabkan muntah,batuk batuk,rewel bahkan si bayi akan sulit dikendalikan.Berikut ini Tips Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi yang akan kami berikan untuk anda

Tips Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi
1.Ubah Posisi Menyusui
Apabila si kecil cegukan pada saat sedang disusui,cobalah untuk mengubah posisi menyusui Anda dan terus susui si kecil sampai cegukannya hilang.

2.Tenangkan Bayi
Jika pada saat disusui,si kecil terlalu bersemangat dan kurang tenang yang membuat udara jadi masuk ke dalam diafragmanya. Yang perlu Anda lakukan ialah menenangkan si kecil.Kemudian gosoklah punggung bayi dengan lembut dan perlahan sambil membuatnya tenang sehingga cegukannya berangsur-angsur akan menghilang

3.Pastikan Anda Menyusuinya Dengan Benar
Sebaiknya cek juga posisi Anda saat menyusui.Posisi menyusui bayi yang benar ialah pu-ting dan are-ola masuk ke dalam mulut bayi, dan posisi bayi berada di dalam garis lurus dengan lengannya, serta bagian perut bayi berhadapan langsung dengan perut ibu.

4.Hentikan Dulu Proses Menyusui Bayi
Jika cegukan bayi terus terjadi meskipun Anda sudah mengubah posisinya, sebaiknya hentikan dulu kegiatan Anda untuk menyusuinya.Sandarkan si kecil tegak menghadap pada Anda dengan kepalanya pada bahu Anda,kemudian tepuk-tepuk dengan lembut bagian punggungnya seperti apabila Anda menyendawakannya.Tindakan seperti ini dapat mendorong udara dari diafragma ke atas dan bisa menghentikan cegukan. Setelah cegukannya berhenti, Anda dapat menyusuinya kembali.

5.Peluk Bayi
Cobalah peluk serta dekaplah si kecil ketika ia sedang mengalami cegukan. Kadang-kadang, dalam beberapa menit cegukannya akan mereda dan kemudian hilang.

6.Pilih Botol Susu Yang Tepat
Jika bayi Anda minum dengan menggunakan botol susu, coba perhatikan apakah botolnya mempunyai regulator dan juga lubang pada dot bayi. Sebaiknya Anda memilih botol dengan lubang dot-nya yang lebih kecil supaya bayi dapat mengatur ritme dalam meminum susunya agar tidak cegukan.

7.Beri Bayi Makan Sedikit Demi Sedikit
Bila bayi Anda sudah mengkonsumsi makanan pendamping ASI,sebaiknya berikan dia makanan sedikit demi sedikit dan juga dengan perlahan-lahan agar tidak cegukan.

8.Beri Bayi Makan Dengan Teratur
Berilah bayi makan sebelum ia merasa terlalu lapar dan perutnya mengandung banyak gas. Cegukan bisa juga menjadi tanda bahwa ada masalah di perut si kecil. Apabila cegukan pada bayi disebabkan masalah pada lambung, biasanya sering disertai dengan muntah. Jika ini yang terjadi, segera bawa bayi ke dokter.

Demikian tips cara mengatasi bayi yang mengalami cegukan yang bisa di praktekan oleh orang tua,semoga bermanfaat